Teknik Dasar enggambar Manga
Secara sederhana, menggambarwa wajah manga dapat dijelaskan sebagai berikut
Pada dasarnya sudut yang paling sering adalah sudut yang nampak
depan, 3/4 depan dan samping untuk yang lainnya biasanya penambahan dari
dasar-dasar ini.
Menggambar wajah tampak depan
1.Buat pola dasar lingkaran dan garis
seperti gambar kiri,s etelah itu buat bentuk alis diantara dua garis
seperti pada gambar sebelah kanan.
2.Bentuk pola dasar mata di bawah alis dan bentuk detail mata,lalu
tambahkan bentuk hidung dan bibir seperti pada gambar,usahakan jarak
antara hidung dan bibir tidak terlalu dekat.Setelah bagian muka selesai
bentuk pola rambut mengikuti pola dasar yang sudah ada seperti pada
gambar kanan.
3.Jika sudah maka pola sketsa keseluruhan telah selesai anda dapat
menebalkan gambar dengan spidol atau drawing pen sehingga nampak seperti
gambar kanan.
Menggambar wajah tampak 3/4 depan
1.Seperti biasa membuat pola dasar 3/4 seperti gambar sebelah kiri,lalu buat pola mata seperti pada gambar sebelah kanan
2.Buat rambut karakter mengikuti pola mulai dari depan, pada
pembentukan rambut bagian belakang buat aksesoris tali kepala. Jika
sudah rapihkan gambar dan hapus pola dasar.
3.Jika sudah kalian bisa menebalkannya menggunakan spidol.
Menggambar wajah tampak samping
1.Buat pola dasar samping seperti pada
gambar sebelah kiri, perhatikan pola dasar untuk membentuk hidung,bibir
dagu setelah sesuai lanjutkan dengan membentuk mata dan rambut seperti
gambar sebelah kanan.
2. Selesaikan bentuk bagian rambut setelah itu rapihkan gambar dari
pola. Setelah semua selesai kalian bisa menebalkan gambar seperti pada
gambar diatas. Selesai
Eyes Style
3. Setelah mengikuti langkah ke-2, sekarang msk ke langkah ketiga,Yaitu, menggambar dagu,…..Disarankan Jangan terlalu besar dan jangan terlalu kebawah
1 .Pertama gambar lingkaran lingkaran seperti gambar dibawah ini . Letakan titik bulat didalam lingkaran oval tersebut. Kemudian titik ini akan berguna untuk memudahkan menggambar dalam menentukan pusat dari jari-jari yang nanti akan kita digambar.
Ragam-ragam Eyes Style yang dapat menjadi pacuan/contoh untuk menggambar manga yang bagus.
step by step membuat mata anime/manga:
Hair
Gambar diatas adalah contoh rambut, jika anda ingin menggambar character perempuan.
Dan ini contoh gambar rambut untuk character laki-laki.
MENGGAMBAR BIBIR/MULUT
Manga tidak lengkap tanpa kehadiran mulut,mulut yang menentukan bagus atau tidaknya suatu manga
Expresi mulut harus diimbangi dengan Expresi muka.
Langkah membuat kepala pada manga
1.Buatlah lingkaran dengan satu garis vertikal, dan dua garis horizontal
2.Lalu tambahkan garis seperti gambar disamping secara serong,..Ikuti saja pada gambar3. Setelah mengikuti langkah ke-2, sekarang msk ke langkah ketiga,Yaitu, menggambar dagu,…..Disarankan Jangan terlalu besar dan jangan terlalu kebawah
4.Garis yg tertera dibawah alis adalah tempat anda menggambar mata,…matanya bisa anda pilih pada gambar diatas, di awal.
Jika sudah menyelesaikan tahap ini maka anda dapat menyelesaikan seperti gambar di bawah ini
Body
Menggambar tubuh memang terlihat mudah tapi untuk dapat membuat gambar tubuh yang bagus coba lihat pada gambar di bawah ini
Hands
Step by step menggambar tangan1 .Pertama gambar lingkaran lingkaran seperti gambar dibawah ini . Letakan titik bulat didalam lingkaran oval tersebut. Kemudian titik ini akan berguna untuk memudahkan menggambar dalam menentukan pusat dari jari-jari yang nanti akan kita digambar.
2.kedua gambar 5 buah garis lurus dengan berpusat pada titik pusat
yang akan menjadi jari-jari, dimana garis terpanjang adalah garis untuk
jari tengah. Gambar lingkaran oval diatas lingkaran oval pertama.
3. ketiga garis busur yang melewati ke empat garis yang
panjangnya hampir sama kecuali bagian jempol. Garis busur paling luar
untuk menentukan batas panjang dari jari. Lalu berikan titik titik untuk
menentukan buku-buku dari jari.
4.Keempat Mulailah menggambar sketsa tangan dengan
berpatokan pada garis garis bantu yang telah dibat sebelumnya dan juga
menggunakan inspirasi kita agar gambar tidak terlalu buruk.
5Kelima dari gambar disamping dapat dilihat bahwa ibu jari ditekuk
ke dalam. Pergerakan Jempol dan perubahan bentuk yang terjadi pada
pangkal jempol. Agar gambar terlihat lebih alami maka tentukan dahulu
titik pusat rotasi pada pangkal ibu jari. Kemudian buatlah lingkaran
dengan radius yang digunakan adalah ibu jari (jempol).
6.Keenam gambar tangan disamping dapat dimodifikasi dengan merubah
posisi jari-jari tersebut menjadi saling merapat menggunakan bayanagan,
sehingga panjang jari telujuk dan jari manis terlihat sama tingginya.
MENGGAMBAR TEKUKAN BAJU:.
Tingkat-1
Hal paling penting untuk dipertimbangkan saat Anda menggambar
pakaian atau jenis kain arah kain akan ditarik masuk Folds disebabkan
dimanapun kain sedang diregangkan atau ditarik; mencari tahu bagaimana
tepatnya Anda ingin kain untuk memindahkan , dan sisanya cukup mudah.
Selalu ingat untuk mempertimbangkan angka di bawah pakaian, kain harus
mengungkapkan bentuk angka di bawahnya
Di sebelah kiri adalah beberapa contoh jenis dasar lipatan.
Perhatikan pergerakan setiap contoh di; kain mengalir ke bawah di atas
kiri dua, karena mereka ditarik ke bawah oleh gravitasi. Jenis lipat
akan pada sesuatu yang menggantung longgar, seperti jubah atau baju
panjang. Pada contoh di bawah kanan kiri dan atas, kain tidak hanya
ditarik oleh gravitasi, tapi membentang ke kiri (mungkin oleh lengan
yang bawah pakaian). Lipatan menjadi lebih horizontal daripada vertikal
makin jauh membentang. Juga perhatikan bagaimana terkadang lipatan
bersarang dalam satu sama lain. Hal ini sering akan terjadi pada sendi
atau daerah di mana pakaian longgar adalah berkumpul up. Gambar Atas
kanan contoh yang sedikit
lebih kompleks dari sepotong kain yang lebih inert ditarik dalam viarety arah
Perhatikan bagaimana lipatan mengikuti arah kain ditarik masuk
Berikut adalah beberapa contoh bentuk lipatan dasar. Di
sebelah kiri, kain ditarik ke bawah oleh gravitasi dan ke kanan oleh
angin atau gerakan. Salah satu kiri, strip panjang kain berkumpul di
dekat bagian atas. Ingatlah untuk menggunakan shading untuk memberikan
bentuk yang lebih subjek Anda. Umumnya, Anda naungan sepanjang garis
lipatan, atau pada tempat-tempat yang menurut Anda bayangan akan cor.
Hal ini memerlukan beberapa membiasakan diri. Ini membantu untuk melihat
lipatan aktual kadang-kadang untuk melihat mana untuk naungan.
Kadang-kadang, aku akan sketsa tirai atau handuk tergantung di kursi
hanya untuk berlatih dan mendapatkan merasa lebih baik tentang bagaimana
pakaian yang berbayang.
Berikut adalah beberapa contoh yang lebih acak dari unsure dan beberapa lengan
Yang paling penting untuk dicatat di sini adalah bentuk lipatan pada sendi dari lengan di tengah.
Ini adalah beberapa lebih kompleks, tumpang
tindih dan lipatan bersarang. Lebih detil anda menaruh ke
dalamnya lipatan, semakin menarik akan terlihat. Di sebelah
kiri, perhatikan bagaimana kain tandan di
tempat itu diikat bersama-sama, berat kain menarik ke
bawah dan menyebabkan kusut tambahan dan lipatan untuk membentuk di
mana ia berkumpul bersama. Dasi itu sendiri yang diambil
dengan banyak detail, dan kain di
bawahnya longgar bertiup angin. Kain adalah berbayang di
sekitar lipatan dan di ceruk-es yang dibentuk oleh kain. Pada gambar di
sebelah kanan, panjang kain disampirkan di
atas lantai; perhatikan bagaimana lipatan sarang di satu sama
lain dan tumpang tindih, menciptakan efek yang menarik.
Hal lain yang saya ingin tunjukkan adalah ketebalan kain dalam
pertanyaan. Kain di contoh disamping muncul tipis dari kain dalam contoh
yang lebih rendah. Perhatikan kedua kerah. Disamping, tepi melingkar
kerah terhubung langsung ke seluruh kerah, sementara di bawah, ada ruang
antara pelek melingkar dan bagian vertikal. Hal yang sama berlaku
dengan tepi jubah itu. Sedangkan pada contoh di atas, tepi yang renyah
dan tipis, pada contoh bawah ada ruang ekstra antara pelek dan seluruh
jubah itu. Ruang ekstra membuat pakaian terlihat lebih tebal dan berat.
ACTION KOMIK
Beberapa contoh dari action komik yang dapat menjadi contoh anda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar